Sukadana - Kabupaten Kayong Utara

Pengumuman CPNS Sukadana - Kabupaten Kayong UtaraKabupaten Kayong Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Sukadana. Kabupaten ini dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2007 pada tanggal 2 Januari 2007. Kabupaten Kayong Utara adalah 1 dari 16 usulan pemekaran kabupaten/kota yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada tanggal 8 Desember 2006.

Kecamatan
Pulau Maya Karimata • Seponti • Simpang Hilir • Sukadana • Teluk Batang

Provinsi Kalimantan Barat Daya atau Tanjungpura, beribukota di Kota Ketapang. Saat ini baru berdiri terdiri dari Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kayong Utara. Daerah ini dahulu adalah wilayah Kerajaan Tanjungpura atau Bakulapura. Untuk memenuhi persyaratan menjadi Provinsi dengan 5 Kabupaten/Kota, maka daerah ini dapat dimekarkan menjadi beberapa Kabupaten/Kota, yaitu :

Kabupaten Hulu Aik
Kabupaten Jelai Kendawangan Raya
Kabupaten Ketapang
Kabupaten Kayong Utara
Kota Ketapang

Luas Wilayah ini adalah 35.825 Km2. Dengan penduduk sebesar 623,054 Jiwa.

Biasanya pada bulan Desember - Januari merupakan saat yang tepat untuk melakukan wisata mengunjungi kota tertua di Kalimantan Barat ini karena pada bulan-bulan ini penduduk setempat sedang melakukan panen durian. Biasanya tiap panen besar atau disebut buah raya penduduk banyak membuat dodol durian yang di daerah setempat disebut lempok, lempok-lempok produksi Kabupaten Kayong Utara ini sudah sering dipamerkan pada acara-acara jajanan daerah, bahkan sudah menembus pasar dunia. Durian asli dari daerah ini juga sering dijual keluar kabupaten dan biasanya tujuan utamanya ke daerah Kabupaten Ketapang. Selain memiliki rasa yang khas durian dari Sukadana ini juga memiliki keanekaragaman varitasnya (variant), sehingga cocok untuk para ilmuwan yang akan meneliti buah durian di kawasan ini.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...