Provinsi Jabar - Jawa Barat

Hasil Quick Count Pilpres 2019 Provinsi Jabar - Jawa BaratJawa Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya berada di Kota Bandung. Perkembangan Sejarah menunjukkan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan Provinsi yang pertama dibentuk di wilayah Indonesia (staatblad Nomor : 378). Provinsi Jawa Barat dibentuk berdasarkan UU No.11 Tahun 1950, tentang Pembentukan Provinsi Jawa Barat. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Bagian barat laut provinsi Jawa Barat berbatasan langsung dengan Daerah Khusus Ibukota Jakarta, ibukota negara Indonesia. Pada tahun 2000, Provinsi Jawa Barat dimekarkan dengan berdirinya Provinsi Banten, yang berada di bagian barat.

Saat ini terdapat wacana untuk mengubah nama Provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan, dengan memperhatikan aspek historis wilayah ini. Namun hal ini mendapatkan penentangan dari wilayah Jawa Barat lainnya seperti Cirebon dimana tokoh masyarakat asal Cirebon menyatakan bahwa jika nama Jawa Barat diganti dengan nama Pasundan seperti yang berusaha digulirkan oleh Bapak Soeria Kartalegawa tahun 1947 di Bandung maka Cirebon akan segera memisahkan diri dari Jawa Barat[6], karena nama "Pasundan" berarti (Tanah Sunda) dinilai tidak merepresentasikan keberagaman Jawa Barat yang sejak dahulu telah dihuni juga oleh Suku Betawi dan Suku Cirebon serta telah dikuatkan dengan keberadaan Peraturan Daerah (Perda) Jawa Barat No. 5 Tahun 2003 yang mengakui adanya tiga suku asli di Jawa Barat yaitu Suku Betawi yang berbahasa Melayu dialek Betawi, Suku Sunda yang berbahasa Sunda dan Suku Cirebon yang berbahasa Bahasa Cirebon (dengan keberagaman dialeknya).

No. Kabupaten/Kota Ibu kota Bupati/Walikota

1 Kabupaten Bandung Soreang Dadang Nasser
2 Kabupaten Bandung Barat Ngamprah Abu Bakar
3 Kabupaten Bekasi Cikarang Neneng Hasanah Yasin
4 Kabupaten Bogor Cibinong Rachmat Yasin
5 Kabupaten Ciamis Ciamis Iing Syam Arifin
6 Kabupaten Cianjur Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh
7 Kabupaten Cirebon Sumber Sunjaya Purwadi Sastra
8 Kabupaten Garut Garut Rudi Gunawan
9 Kabupaten Indramayu Indramayu Anna Sophana
10 Kabupaten Karawang Karawang Ade Swara
11 Kabupaten Kuningan Kuningan Utje Hamid Suganda
12 Kabupaten Majalengka Majalengka Sutrisno
13 Kabupaten Pangandaran Parigi Endjang Naffandy
14 Kabupaten Purwakarta Purwakarta Dedi Mulyadi
15 Kabupaten Subang Subang Ojang Sohandi
16 Kabupaten Sukabumi Pelabuhanratu Sukmawijaya
17 Kabupaten Sumedang Sumedang Ade Irawan
18 Kabupaten Tasikmalaya Singaparna UU Ruzhanul Ulum
19 Kota Bandung - Ridwan Kamil
20 Kota Banjar - Herman Sutrisno
21 Kota Bekasi - Rahmat Effendi
22 Kota Bogor Baranangsiang Bima Arya
23 Kota Cimahi - Atty Suharti Tochija
24 Kota Cirebon - Artri Taufan Sudrajat
25 Kota Depok Depok Baru Nurmahmudi Ismail
26 Kota Sukabumi - Mohamad Muraz
27 Kota Tasikmalaya - Budi Budiman

Perlindungan dan proses pengembangan Budaya dan Bahasa yang ada di Jawa Barat secara kongrit dimulai dengan adanya Kongres Jawa Barat, kongres Jawa Barat merupakan sebuah wadah berkumpulnya para tokoh masyarakat Jawa Barat untuk membicarakan berbagai persoalan sosial-kemasyarakatan yang ada di Jawa Barat.

Provinsi Jawa Barat berada di bagian barat Pulau Jawa. Wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Jawa Tengah di timur, Samudera Hindia di selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di barat.

Kawasan pantai utara merupakan dataran rendah. Di bagian tengah merupakan pegunungan, yakni bagian dari rangkaian pegunungan yang membujur dari barat hingga timur Pulau Jawa. Titik tertingginya adalah Gunung Ciremay, yang berada di sebelah barat daya Kota Cirebon. Sungai-sungai yang cukup penting adalah Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk, yang bermuara di Laut Jawa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...