Kabupaten Seram Bagian Barat dan Timur

Pengumuman CPNS Kabupaten Seram Bagian BaratKabupaten Seram Bagian Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku, Indonesia. Pusat kegiatan sebagian besar berlangsung di Piru, ibukota kecamatan Seram Barat, bukan di Dataran Hunipopu, ibukota versi UU Nomor 40 itu. Karena fasilitas umum lebih lengkap, pada awalnya Kairatu yang diusulkan sebagai ibu kota sementara, tetapi kemudian muncul perdebatan hingga akhirnya Piru yang terpilih. Sementara Hunipopu masih berupa wilayah kosong.

Pembagian administratif Kabupaten Seram Bagian Barat terdiri dari 10 kecamatan, antara lain:

Alamatu
Huamual
Huamual Belakang
Hunitetu
Kairatu
Kairatu Barat
Kairatu Timur
Kepulauan Manipa
Seram Barat
Taniwel
Taniwel Timur

Pengumuman CPNS Kabupaten Seram Bagian TimurKabupaten Seram Bagian Timur adalah salah satu kabupaten di provinsi Maluku, Indonesia. Ibukota kabupaten ini menurut UU tersebut terletak di Dataran Hunimoa, akan tetapi pusat kegiatan termasuk pemerintahan sementara berlangsung di Bula. Luas Wilayah Kabupaten Seram Bagian Timur seluruhnya kurang lebih 15.887,92 Km2 yang terdiri luas laut 11.935,84 Km2 dan luas daratan 3.952,08 Km2.

Kabupaten ini berasal dari hasil pemekaran kabupaten Maluku Tengah yang terdiri dari:

Kecamatan Siwalalat
Kecamatan Bula
Kecamatan Pulau Gorom
Kecamatan Seram Timur
Kecamatan Werinama
Kecamatan Wakate
Kecamatan Tutuk Tolu
Kecamatan Teor
Kecamatan Pulau Panjang
Kecamatan Bula Barat
Kecamatan Kilmury
Kecamatan Gorom Timur
Kecamatan Bula Timur
Kecamatan Lian Fitu
Kecamatan Kian Darat

Daerah ini terpisah atas tiga bagian utama yaitu Pulau Seram (Bagian Timur), Kepulauan Gorom dan Kepulauan Watubela.

Karena secara geografis Kabupaten Seram Bagian Timur terletak di antara Benua Australia dan Benua Asia serta masih dalam kawasan lintang tropis dan dikelilingi oleh laut yang cukup luas, maka iklim yang terdapat di kabupaten ini adalah iklim musim dan iklim taut tropis dengan curah hujan yang cukup tinggi sepanjang tahun. Berdasarkan hasil pemantauan di Stasiun Meteorologi Geser Kabupaten SBT pada tahun 2005, ditemui temperatur maksimum 31,7° C, minimum 22,2°, dengan temperature rata-rata 27,8°C.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...