Kota dan Kabupaten Ketapang - Kalbar

Pengumuman CPNS Kota dan Kabupaten Ketapang - KalbarKetapang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Kota ini dimekarkan dari Kabupaten Ketapang. Kota ini teletak di 1°51′S 109°59′E, di delta Sungai Pawan, di pulau Kalimantan. Pendapatan utama Kota Ketapang berasal dari bisnis kayu, pertambangan, perkebunan kelapa sawit, sarang burung walet, dan jasa perdagangan. Jumlah penduduk Kota Ketapang Berdasarkan Data Agregat Kependudukan (DAK) Kota Ketapang, berjumlah 525.954. Dari 3 kecamatan, Delta Pawan menjadi kecamatan terpadat penduduknya. Kecamatan : Ketapang Kota • Ketapang Barat • Ketapang Timur

Kota Ketapang adalah kota yang multi suku dan etnis. Suku Dayak dan Melayu serta Tionghua yang merupakan tiga suku terbesar di kota ini. Selain itu juga ada suku Jawa dan Madura. Orang Tionghua di kota ini menggunakan dialek Tiochiu (dalam ejaan Mandarin: Chaozhou) sebagai bahasa pengantar sesama Tionghua. Juga terdapat sebagian kecil orang Tionghua yang menggunakan bahasa Khek (Hakka).

Pengumuman CPNS Kabupaten Ketapang - KalbarKabupaten Ketapang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Ketapang, sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Pawan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 31.240,74 km² dan berpenduduk sebesar 427.460 Jiwa (2010).

Daerah Kabupaten Ketapang mempunyai luas wilayah 35.809 km² (± 3.580.900 ha) yang terdiri dari 33.209 km² wilayah daratan dan 2.600 km² wilayah perairan serta memiliki 20 kecamatan, yaitu:

Benua Kayong
Air Upas
Delta Pawan
Hulu Sungai
Jelai Hulu
Kendawangan
Manis Mata
Marau
Matan Hilir Selatan
Matan Hilir Utara
Muara Pawan
Nanga Tayap
Pemaham
Sandai
Simpang Dua
Simpang Hulu
Singkup
Sungai Melayu Raya
Sungai Laur
Tumbang Titi

Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, terletak di antara garis 0º 19’00” - 3º 05’ 00” Lintang Selatan dan 108º 42’ 00” - 111º 16’ 00” Bujur Timur.

Dibandingkan kabupaten lain di Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten terluas, memiliki pantai yang memanjang dari selatan ke utara dan sebagian pantai yang merupakan muara sungai, berupa rawa-rawa terbentang mulai dari Kecamatan Teluk Batang, Simpang Hilir, Sukadana, Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, Kendawangan dan Pulau Maya Karimata, sedangkan daerah hulu umumnya berupa daratan yang berbukit-bukit dan diantaranya masih merupakan hutan.

Sungai terpanjang di Kabupaten Ketapang adalah Sungai Pawan yang menghubungkan Kota Ketapang dengan Kecamatan Sandai, Nanga Tayap dan Sungai Laur serta merupakan urat nadi penghubung kegiatan ekonomi masyarakat dari desa dengan kecamatan dan kabupaten.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...