Martapura - Kabupaten Banjar - Kalsel

Pengumuman CPNS Martapura - Kabupaten Banjar - KalselKabupaten Banjar adalah kabupaten di Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Martapura. Kabupaten ini memiliki luas wilayah ± 4.688 km² dan berpenduduk sebanyak 506.204 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Kabupaten Banjar termasuk dalam calon Wilayah Metropolitan Banjar Bakula. Motto daerah ini adalah "Barakat" yang artinya "Berkah" (bahasa Banjar).

Kabupaten Banjar terbagi menjadi 20 kecamatan, yaitu:

Aluh Aluh
Aranio
Astambul
Beruntung Baru
Cintapuri Darussalam
Gambut
Karang Intan
Kertak Hanyar
Martapura
Martapura Barat
Martapura Timur
Mataraman
Paramasan
Pengaron
Sambung Makmur
Simpang Empat
Sungai Pinang
Sungai Tabuk
Telaga Bauntung
Tatah Makmur

DPRDS pada tanggal 27 Februari 1952, mengusulkan perubahan nama Kabupaten Banjarmasin menjadi Kabupaten Banjar yang disetujui dengan Undang-undang Darurat 1953, kemudian dikukuhkan dengan Undang-undang No. 27 Tahun 1959. Sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani dari perkebunan karet yang rata-rata adalah kebun perseorangan. Selain itu perkebunan jeruk menjadi penopang hidup sebagian masyarakat yang merupakan produk unggulan dari Kecamatan Astambul.

Keberadaan perusahaan lokal, nasional dan asing yang bergerak dibidang Tambang Batubara turut memberikan andil besar terhadap perekonomian di Kabupaten Banjar. Tambang Batubara di kabupaten ini dikelola oleh perusahaan seperti PT. Pamapersada Nusantara, PT. Kalimantan Prima Persada, PT. Pinang Coal Indonesia dan lain-lain yang diawasi oleh Perusahaan Daerah (PD. Baramarta).
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...