Kabupaten Sumba Tengah dan Timur

Pengumuman CPNS Kabupaten Sumba TengahKabupaten Sumba Tengah adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia yang dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 3 tahun 2007. Kabupaten ini adalah pemekaran dari Kabupaten Sumba Barat. Peresmian kabupaten ini dilakukan pada tanggal 22 Mei 2007 oleh penjabat Ntt, Bayang Amahu, SH. Daftar Kecamatan di Wilayah Kabupaten Sumba Tengah dibagi menjadi 5 kecamatan, yaitu:

Kecamatan Katikutana, Ibukota Waibakul
Kecamatan Mamboro, Ibukota Mananga
Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Ibukota Lendi Wacu
Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Ibukota Rita
Kecamatan Katikutana Selatan, Ibukota Waikabeti

Pengumuman CPNS Kabupaten Sumba TimurKabupaten Sumba Timur merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada masa lalu, kabupaten ini berada di bawah Keresidenan Timor. Kabupaten Sumba Timur dibagi menjadi 22 kecamatan, yaitu: Haharu, Kahaungu Eti, Kambata Mapambuhang, Kambera, Kanatang, Karera, Katala Hamu, Kota Waingapu, Lewa, Lewa Tidahu, Mahu, Matawai Lapau, Ngadu Ngala, Nggaha Oriangu, Paberiwai, Pahunga Lodu, Pandawai, Pinu Pahar, Rindi, Tabundung, Umalulu, Wulla Waijelu.

Kondisi topografi Sumba Timur secara umum datar (di daerah pesisir), landai sampai bergelombang (wilayah dataran rendah <100 meter) dan berbukit (pegunungan). Daerah dengan ketinggian di atas 1000 meter hanya sedikit di wilayah perbukitan dan gunung. Lahan pertanian terutama di dataran pantai utara yang memiliki cukup air di permukaan maupun sungai-sungai besar. Setidaknya terdapat 88 sungai dan mata air yang tidak kering di musim kemarau.

Rangkaian pegunungan dan bukit-bukit kapur curam yang menguasai wilayah bagian tengah dengan empat puncak: Mawunu, Kombapari, Watupatawang dan Wanggameti. Dataran rendah terdapat di sepanjang pesisir dengan bagian yang cukup luas di Tanjung Undu (pesisir paling barat). Kabupaten ini beriklim tropis dengan musim hujan yang relatif pendek dan musim kemarau yang panjang (delapan bulan). Suhu rata-rata adalah 22,5 derajat sampai 31,7 derajat Celsius. Musim hujan biasanya terjadi di bulan Desember sampai Maret untuk daerah pesisir dan November sampai April di daerah pedalaman. Jumlah curah hujan dalam setahun 1.860 milimeter, sehingga daerah ini termasuk daerah beriklim kering.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...