Kabupaten Timor Tengah Utara - Selatan

Pengumuman CPNS Kabupaten Timor Tengah UtaraKabupaten Timor Tengah Utara adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Ibu kota kabupaten berada di Kota Kefamenanu. Luas wilayahnya adalah 2.669,7 km²π dengan jumlah pendududuk sekitar 229.000 jiwa (2010). Kabupaten Timor Tengah Utara terbagi atas 25 kecamatan, yaitu : Biboki Anleu, Biboki Feotleu, Biboki Moenleu, Biboki Selatan, Biboki Tengah, Biboki Utara, Bikomi Nilulat, Bikomi Selatan, Bikomi Tengah, Bikomi Utara, Insana, Insana Barat, Insana Fatinesu, Insana Tengah, Insana Utara, Kota Kefamenanu, Miomaffo Barat, Miomaffo Tengah, Miomaffo Timur, Musi, Mutis, Naibenu, Noemuti, Noemuti Timur.

Masa tahun 1915-1958 Kabupaten TTU yang terbentuk berdasarkan Undang-Undang nomor 69 tahun 1958 (Lembaran Negara tahun 1958 no. 122) mula-mula disebut Onderafdeeling Noord Miden Timor semasa pemerintahan Hindia Belanda. Berdasarkan pada BS/Gubernemen nomor 9 – 10 tahun 1915 Onderafdeeling Noord Miden Timor meliputi gabungan tiga wilayah kerajaan/swapraja yaitu swaraja Miomaffo, Insana dan Biboki. Pusat penyelenggaraan pemerintahan Onderafdeeling Noord Miden Timor berkedudukan di Noeltoko yakni antara tahun 1915 – 1921, kemudian pada tahun 1921 Controleur Pedemors (Pemimpin Oderafdeling) memindahkan pusat penyelenggaraan pemerintahan dari Noeltoko ke Kefamenanu.

Seiring dengan semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan kinerja pelayanan publik yang prima dari institusi pemerintah, maka sesuai surat Keputusan Gubernur NTT nomor 20/1999 tanggal 29 Mei 1999,y jumlah desa kelurahan sebanyak7 127 pada tahun 1998 dimekarkan lagi menjadi 159 buah pada tahun 1999. Dan saat ini jumlah Desa dan Kelurahan sebanyak 175 dengan Kecamatannya menjadi 24 Kecamatan sejak Tahun 2008.

Pengumuman CPNS Kabupaten Timor Tengah SelatanKabupaten Timor Tengah Selatan adalah salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan :

► Amanatun Selatan, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Amanatun Utara, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Amanuban Barat, Timor Tengah Selatan‎ (8 H)
► Amanuban Selatan, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Amanuban Tengah, Timor Tengah Selatan‎ (12 H)
► Amanuban Timur, Timor Tengah Selatan‎ (11 H)
► Batu Putih, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Boking, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Fatumnasi, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Kie, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Kolbano, Timor Tengah Selatan‎ (12 H)
► Kot'olin, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Kota Soe, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Kualin, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Kuanfatu, Timor Tengah Selatan‎ (8 H)
► Mollo Selatan, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Mollo Utara, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Nunkolo, Timor Tengah Selatan‎ (10 H)
► Oenino, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Polen, Timor Tengah Selatan‎ (1 H)
► Toianas, Timor Tengah Selatan‎ (8 H)

Di kabupaten ini terdapat beberapa dataran yang sangat luas yang kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai lahan pertanian atau sawah. Komoditas utama pertanian saat ini adalah Jeruk Soe yang terkenal. Selain itu kabupaten ini terkenal sebagai gudang ternak dan juga kayu cendana yang harum, namun semakin langka.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...