Curup - Kabupaten Rejang Lebong

Pengumuman CPNS Curup - Kabupaten Rejang LebongKabupaten Rejang Lebong adalah sebuah kabupaten di provinsi Bengkulu, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.515,76 km² dan populasi sekitar 246.787 jiwa. Ibu kotanya ialah Curup. Kabupaten ini terletak di lereng pegunungan Bukit Barisan dan berjarak 85 km dari kota Bengkulu yang merupakan ibukota provinsi.

Penduduk asli terdiri dari 2 suku utama yaitu suku Rejang dan suku Lembak. Suku Rejang mendiami tanah atas yaitu kecamatan Curup, Curup Utara, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Tengah, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya, dan sebagian Selupu Rejang. Suku Lembak mendiami tanah bawah yaitu kecamatan Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Binduriang, Sindang Dataran, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, dan Sindang Kelingi.

Saat ini di Kabupaten Rejang Lebong terdapat 15 kecamatan, yaitu:

Nama Ibukota

Kecamatan Curup Pasar Baru
Kecamatan Curup Utara Tunas Harapan
Kecamatan Curup Selatan Lubuk Ubar
Kecamatan Curup Timur Talang Ulu
Kecamatan Curup Tengah Batu Galing
Kecamatan Selupu Rejang Air Duku
Kecamatan Bermani Ulu Kampung Melayu
Kecamatan Bermani Ulu Raya Babakan Baru
Kecamatan Sindang Kelingi Beringin Tiga ♦
Kecamatan Sindang Dataran Bengko ♦
Kecamatan Sindang Beliti Ulu Apur ♦
Kecamatan Sindang Beliti Ilir Lubuk Belimbing 1 ♦
Kecamatan Binduriang Kepala Curup ♦
Kecamatan Padang Ulak Tanding Pasar Padang Ulak Tanding ♦
Kecamatan Kota Padang Kota Padang ♦

Secara topografi, Kabupaten Rejang Lebong merupakan daerah yang berbukit-bukit, terletak pada dataran tinggi pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 100 hingga 1000 m dpl. Secara umum kondisi fisik Kabupaten Rejang Lebong sebagai berikut: Kelerengan: datar sampai bergelombang, Jenis Tanah: Andosol, Regosol, Podsolik, Latasol dan Alluvial, Tekstur Tanah: sedang, lempung dan sedikit berpasir dengan pH tanah 4,5 –7,5 , Kedalaman efektif Tanah : sebagian besar terdiri atas kedalaman 60 cm hingga lebih dari 90 cm, sebagian terdapat erosi ringan dengan tingkat pengikisan 0 – 10 %.

Curah hujan rata-rata 233,75 mm/bulan, dengan jumlah hari hujan rata rata 14,6 hari/bulan pada musim kemarau dan 23,2 hari/bulan pada musim penghujan. Sementara suhu normal rata-rata 17,73 0C – 30,940C dengan kelembaban nisbi rata-rata 85,5 %. Suhu udara maksimum pada tahun 2003 terjadi pada bulan Juni dan Oktober yaitu 32 derajad Celcius dan suhu udara minimum terjadi pada bulan Juli yaitu 16,2 derajat Celcius.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...