Raya - Kabupaten Simalungun

Pengumuman CPNS Raya - Kabupaten SimalungunKabupaten Simalungun adalah sebuah kabupaten di Sumatera Utara, Indonesia. Suku Batak Simalungun merupakan penduduk asli dari kabupaten ini. Bupatinya saat ini adalah Dr. Jopinus Ramli Saragih, S.H , M.M yang sedang bertugas untuk masa bakti 2010–2015 sedangkan Wakil Bupatinya adalah Hj. Nuriaty Damanik, S.H.

Ibu kota kabupaten telah resmi berpindah ke Raya pada tanggal 23 Juni 2008 dari Kota Pematangsiantar yang telah menjadi daerah otonom, setelah tertunda selama beberapa waktu. Kabupaten Simalungun terdiri dari 31 kecamatan yaitu:

Bandar, Bandar Huluan, Bandar Masilam
Bosar Maligas
Dolok Batunanggar, Dolok Panribuan, Dolok Pardamean, Dolok Silau
Girsang Sipangan Bolon
Gunung Malela, Gunung Maligas
Haranggaol Horison
Hatonduhan, Huta Bayu Raja
Jawa Maraja Bah Jambi
Jorlang Hataran
Panei, Panombeian Panei
Pematang Bandar, Pematang Sidamanik, Pematang Silima Huta
Purba, Raya, Raya Kahean
Siantar, Sidamanik
Silau Kahean, Silimakuta
Tanah Jawa, Tapian Dolok
Ujung Padang

#Lihat : Hasil Quick Count Pilkada Simalungun 2016

Suku Bangsa di Simalungun masih didominasi oleh Suku Batak Simalungun, dan suku-suku pendatang seperti Suku Jawa, dan Suku Melayu. Sedangkan agama yang dianut oleh masyarakat Simalungun adalah Islam (56,6 %), Kristen (37,1 %), Katolik (6,1 %), Buddha (0,06 %), Hindu (0,05 %), dan sisa-sisanya adalah agama-agama lain seperti Parmalim.

Kabupaten ini memiliki 31 kecamatan dengan luas 438.660 ha atau 6,12 % dari luas wilayah Provinsi Sumatera Utara. Kecamatan yang paling luas adalah Kecamatan Hatonduhan dengan luas 33.626 ha, sedangkan yang paling kecil adalah Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi dengan luas 3.897 ha. Keseluruhan kecamatan terdiri dari 345 desa/nagori dan 22 kelurahan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...