Sabu Barat - Kabupaten Sabu Raijua

Pengumuman CPNS Sabu Barat - Kabupaten Sabu Raijua - NTTKabupaten Sabu Raijua adalah salah satu kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto pada 29 Oktober 2008 sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Kupang.

Kabupaten Sabu Raijua merupakan Daerah Otonom yang baru terbentuk Tahun 2008 berdasarkan Undang - undang Nomor 52 Tahun 2008 tanggal 26 Nopember 2008, yaitu pemekaran dari Kabupaten Kupang Propinsi Nusa Tenggara Timur dimana Kabupaten Sabu Raijua merupakan Kabupaten yang ke 21 di propinsi Nusa Tenggara Timur. Wilayah Kabupaten Sabu Raijua dibagi menjadi 6 kecamatan, yaitu:

Hawu Mehara
Raijua
Sabu Barat
Sabu Liae
Sabu Tengah
Sabu Timur

Pemekaran Daerah Kota Sabu Barat meliputi 3 Kecamatan
Pulau di Kabupaten Sabu Raijua. Kabupaten Sabu Raijua mempunyai dua pulau besar dan satu pulau kecil, yaitu:

Pulau Sawu atau pulau Sabu
Pulau Raijua
Pulau Dana

Pulau Sabu juga dikenal dengan sebutan Sawu atau Savu. Penduduk di pulau ini sendiri menyebut pulau mereka dengan sebutan Rai Hawu yang artinya Tanah dari Hawu dan orang Sabu sendiri menyebut dirinya dengan sebutan Do Hawu. Nama resmi yang digunakan pemerintah setempat adalah Sabu. Masyarakat Sabu menerangkan bahwa nama pulau itu berasal dari nama Hawu Ga yakni nama salah satu leluhur mereka yang dianggap mula-mula mendatangi pulau tersebut.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...