Kepi - Kabupaten Mappi - Provinsi Papua

Pengumuman CPNS Kepi - Kabupaten Mappi - Provinsi PapuaKabupaten Mappi adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Minyamur. Kabupaten Mappi memiliki luas wilayah mencapai 28.518 Km 2, terletak di antara 06º.28′ - 56º4′ LS dan 139º.2′ - 11º0′ BT. Terbagi menjadi 15 Distrik, 136 kampung, dan 1 kelurahan, dengan Kepi sebagai ibukota kabupaten. Kecamatan di Kabupaten Mappi adalah : Assue, Bamgi, Citak Mitak, Edera, Haju, Kaibar, Minyamur, Nambioman Bapai, Obaa, Passue, Passue Bawah, Syaha Me, Ti Zain, Venaha, Yakomi

Secara Geografis, wilayahnya berbatasan:

Sebelah Utara : Distrik Atsy dan Distrik Suator , Kabupaten Asmat
Sebelah Timur : Distrik Okaba dan Distrik Kimam, Kabupaten Merauke
Sebelah Barat : Distrik Pantai Kasuari dan Distrik Fayit, Kabupaten Asmat dan Laut Arafura
Sebelah Selatan : Distrik Kouh, Distrik Mandobo dan Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel

#Lihat pula : Sebelas Pilkada Serentak Propinsi Papua 2017

Sebagian besar wilayah Kabupaten Mappi merupakan dataran rendah yang memiliki ketinggian antara 0 - 100 m dpl. Sekurang-kurangnya ada 14 sungai yang biasa digunakan sebagai sarana transportasi atau penghubung antar distrik.

Kegiatan ekonomi daerah ini tidak terlepas dari kebiasaan masyarakat yang sejak dulu suka berburu, berkebun dan hidup berpindah-pindah. Potensi ekonomi yang nyata bagi masyarakat adalah mencari kayu gaharu sampai ke pedalaman hutan. Kayu gaharu dari Distrik Assue terkenal karena kualitasnya. Potensi gaharu terpusat di Distrik Assue, Senggo, Citak Matak sampai di Kabupaten Asmat. Sumber daya hutan yang bisa diambil manfaatnya selain kayu gaharu adalah kulit gambir dan kayu-kayu jenis uli, meranti, linggua dan bus.

Hasil laut dan perairan daratan juga menjadi pilihan penduduk. Secara umum, lapangan pekerjaan yang berperan besar terhadap kehidupan penduduk Mappi adalah sektor kehutanan dan perikanan. Didaerah yang penduduknya masih dominan memakan sagu ini sangat jarang dijumpai persawahan. Yang banyak diupayakan penduduk adalah menanam umbi-umbian, jagung, kacang tanah, dan kacang hijau. Potensi perkebunan yang ada juga masih dapat dikembangkan lebih baik lagi.Kopi, karet dan kelapa merupakan komoditi yang juga ditanam penduduk.Selain tiga komoditi tersebut, perkebunan di Mappi juga ditanami jambu mete, kakao, cengkeh, kapuk.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...