Kabupaten Mamberamo Raya dan Tengah

Pengumuman CPNS Burmeso - Kabupaten Mamberamo Raya - PapuaKabupaten Mamberamo Raya adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Burmeso. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Waropen, berdasarkan UU No. 19 Tahun 2007 yang disahkan pada tanggal 15 Maret 2007.

Kabupaten Mamberamo Raya secara geografis terletak antara 137° 46 - 140° 19 Bujur Timur (BT) dan 01° 28 - 3° 50 Lintang Selatan (LS). Kabupaten ini mempunyai luas wilayah sebesar 31.136,85 Km2. Keberadaan wilayah administratif Kabupaten Mamberamo Raya dikukuhkan berdasarkan UU No. 19 tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Mamberamo Raya di Provinsi Papua pada tanggal 15 Maret 2007. Kecamatan di Kabupaten Mamberamo adalah: Benuki, Mamberamo Ilir, Mamberamo Tengah, Mamberamo Tengah Timur, Mamberamo Ulu, Rufaer, Sawai, Waropen Atas

Pengumuman CPNS Burmeso - Kabupaten Mamberamo Tengah - PapuaKabupaten Mamberamo Tengah adalah sebuah kabupaten di Provinsi Papua, Indonesia. Kabupaten ini dibentuk pada tanggal 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua. Peresmiannya dilakukan oleh Mendagri Mardiyanto pada tanggal 21 Juni 2008. Kecamatan di Kabupaten Mamberamo Tengah adalah: Eragayam, Ilugwa, Kelila, Kobakma, Megambilis

Kondisi pedalaman Papua yang sebagian besar merupakan pegunungan dan akses yang sulit menyebabkan ketertinggalan yang cukup jauh dari daerah lain. Untuk lebih mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat, maka Kabupaten Jayawijaya kemudian dimekarkan menjadi beberapa kabupaten, dan melalui Undang-Undang No.3 Tahun 2008 lahirlah Kabupaten Memberamo Tengah dengan Kobakma sebagai ibukotanya.

Wilayah administrasi Kabupaten Memberamo Tengah sendiri di kelilingi oleh beberapa kabupaten dimana sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Yalimo dan Kabupaten Jayapura, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Tolikara, sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Memberamo Raya, dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Jayawijaya, sebagai kabupaten induk. Dengan luas Wilayah 1.705 Km2, dan jumlah penduduknya sebesar 70.000 jiwa maka ini merupakan modal utama dari Memberamo Tengah untuk merangkak hingga akhirnya berdiri tegak sejajar dengan kabupaten lainnya di Papua.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...