Kabupaten Nias - Utara Barat Selatan

Pengumuman CPNS Kabupaten Nias - Utara Barat SelatanKabupaten Nias adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang terletak di pulau Nias. Ibukotanya Gunung Sitoli dapat ditempuh dengan perjalanan laut dari Sibolga selama 10 jam, atau dengan perjalanan udara dari Medan selama 1 jam menggunakan pesawat Lion Air/Wings Air, SMAC (Fokker F-50), Merpati (CN 235), dan Riau airlines dengan bandara udara Binaka. Dalam bahasa daerah Nias, Pulau Nias disebut dengan istilah Tano Niha.

Daftar kecamatan

Bawolato
Botomuzoi
Gido
Hili Serangkai
Hiliduho
Idanogawo
Ma'u
Somolo-molo
Ulugawo
Sogae'adu

Penghasilan utama penduduknya sebagian besar masih mengandalkan dari hasil pertanian. Luas lahan potensial mencapai 81.389 hektare yang terdiri dari sawah 22.486 hektare dan lahan kering 58.903 hektare. Namum, potensi yang dimiliki itu belum memberikan hasil maksimal untuk mampu mencapai swasembada pangan. Terbukti, kabupaten ini pada tahun 1999 masih mendatangkan beras dari luar daerah sebanyak 22.323 ton. Tak jauh berbeda pula dengan keadaan hasil perkebunan. Keadaan alam Nias yang subur sangat cocok untuk budi daya tanaman karet, kelapa, kopi, cengkeh dan nilam. Karet dan kopra menjadi andalan utama hasil perkebunan. Produksi karet pada 1999 mencapai 13.624 ton, dan kopra 42.230 ton.

Kabupaten Nias Utara - Kabupaten Nias Utara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 29 Oktober 2008, sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Nias. Daftar kecamatan

Afulu
Alasa
Alasa Talumuzoi
Lahewa
Lahewa Timur
Lotu
Namohalu Esiwa
Sawo
Sitolu Ori
Tugala Oyo
Tuhemberua

Kabupaten Nias Barat - Kabupaten Nias Barat adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kabupaten ini diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia, Mardiyanto, pada 26 Mei 2009, sebagai salah satu hasil pemekaran dari Kabupaten Nias. Daftar Kecamatan

Lahomi
Lolofitu Moi
Mandrehe
Mandrehe Barat
Mandrehe Utara
Moro'o
Sirombu
Ulu Moro'o

Kabupaten Nias Selatan - Kabupaten Nias Selatan adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang terletak di pulau Nias. Penduduknya berjumlah 275.422 jiwa (Januari 2005). Nias Selatan sebelumnya adalah bagian dari Kabupaten Nias. Status otonom diperoleh pada 25 Februari 2003 dan diresmikan pada 28 Juli 2003. Kabupaten ini terdiri dari 104 gugusan pulau besar dan kecil. Letak pulau- pulau itu memanjang sejajar Pulau Sumatera. Panjang pulau-pulau itu lebih kurang 60 kilometer, lebar 40 kilometer. Nias Selatan terdiri beberapa kecamatan yaitu:

Amandraya
Aramõ
Boronadu
Fanayama
Luahagundre Manimolo
Gomo
Haruna
Hibala
Hilimegai
Hilisalawa'Ahe
Lahusa
Mazinõ
Lõlõmatua
Lõlõwa'u
Maniamõlõ
Mazõ
O'o'u
Onohazumba
Pulau-pulau Batu
Pulau-pulau Batu Timur
Pulau-pulau Batu Barat
Pulau-pulau Batu Utara
Sisua Ori
Simuk
Somambawa
Susua
Tanah Masa
Telukdalam
Toma
Umbunasi
Ulunoyo
Ulususua

Dari seluruh gugusan pulau itu, ada empat pulau besar, yakni Pulau Tanah Bala (39,67 km²), Pulau Tanah Masa (32,16 km²), Pulau Tello (18 km²), dan Pulau Pini (24,36 km²). Tidak seluruh pulau berpenghuni. Masyarakat Nias Selatan tersebar di 21 pulau dalam delapan kecamatan. Pada 28 Maret 2005, gempa melanda kepulauan Nias dengan kekuatan 8,7 skala Richter yang melumpuhkan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di daerah tersebut. Dari data bupati Nias Selatan, tercatat sejumlah 5.845 rumah warga hancur, juga 274 tempat ibadah, 20 perkantoran, dan 217 bangunan sekolah di kabupaten Nias Selatan. Sejumlah 138 orang meninggal dunia.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...