Tanjung - Kabupaten Tabalong - Kalsel

Pengumuman CPNS Tanjung - Kabupaten Tabalong - KalselKabupaten Tabalong adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Tanjung. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.496 km² dan berpenduduk sebanyak 218.954 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Motto kabupaten ini ialah Saraba Kawa dalam bahasa Banjar yang berarti Serba Sanggup.

Secara geografis, Kabupaten Tabalong berada di bagian utara provinsi Kalimantan Selatan, memiliki kawasan dataran rendah di bagian selatan, serta dataran tinggi yang dibentuk oleh Pegunungan Meratus di utara. Kecamatan di Kabupaten Tabalong :

► Banua Lawas, Tabalong‎ (18 H)
► Bintang Ara, Tabalong‎ (11 H)
► Haruai, Tabalong‎ (15 H)
► Jaro, Tabalong‎ (11 H)
► Kelua, Tabalong‎ (18 H)
► Muara Harus, Tabalong‎ (8 H)
► Muara Uya, Tabalong‎ (17 H)
► Murung Pudak, Tabalong‎ (11 H)
► Pugaan, Tabalong‎ (9 H)
► Tanjung, Tabalong‎ (16 H)
► Tanta, Tabalong‎ (18 H)
► Upau, Tabalong‎ (8 H)

Kalimantan Selatan terdiri atas dua ciri geografi utama, yakni dataran rendah dan dataran tinggi. Kawasan dataran rendah kebanyakan berupa lahan gambut hingga rawa-rawa sehingga kaya akan sumber keanekaragaman hayati satwa air tawar. Kawasan dataran tinggi sebagian masih merupakan hutan tropis alami dan dilindungi oleh pemerintah.

Kabupaten Tabalong memiliki sumber daya alam yang kaya, mulai dari hasil tambang, perkebunan, hingga pertanian dan beberapa di antaranya menjadi komoditas unggulan. Hasil tambang yang dominan di kabupaten ini adalah batu bara dan minyak bumi ,sedangkan komoditas perkebunan dan pertanian yang menjadi unggulan adalah buah-buahan seperti langsat, rambutan, cempedak, durian. Selain itu, komoditas perkebunan unggulan kabupaten Tabalong berupa karet, kokoa dan kelapa sawit.[3][4
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...