Kota Ambon - Provinsi Maluku

Pengumuman CPNS Kota Ambon - Provinsi MalukuKota Ambon atau Amboina atau Ambonese (kadang dieja sebagai Ambong atau Ambuni) adalah sebuah kota dan sekaligus ibu kota dari provinsi Maluku, Indonesia. Kota ini dikenal juga dengan nama Ambon Manise yang berarti kota Ambon yang indah/manis/cantik, merupakan Kota terbesar di wilayah kepulauan Maluku dan menjadi sentral bagi wilayah kepulauan Maluku. Saat ini kota Ambon menjadi pusat pelabuhan, pariwisata dan pendidikan di wilayah kepulauan Maluku.

Kota Ambon berbatasan dengan Laut Banda disebelah selatan dan dengan kabupaten Maluku Tengah di sebelah timur (pulau-pulau Lease yang terdiri atas pulau-pulau Haruku, pulau Saparua, pulau Molana, pulau Pombo dan pulau Nusalaut), di sebelah barat (petuanan negeri Hila, Leihitu, Maluku Tengah dan Kaitetu, Leihitu, Maluku Tengah yang masuk dalam kecamatan Leihitu, Maluku Tengah) dan di sebelah utara (kecamatan Salahutu, Maluku Tengah).

Kota Ambon yang dipimpin oleh wali kota dibagi atas 5 kecamatan, yaitu:

1. Kecamatan Nusaniwe : kecamatan Nusaniwe terbagi atas 13 kelurahan dan desa
2. Kecamatan Sirimau : kecamatan Sirimau terbagi atas 14 kelurahan dan desa, Sirimau adalah kecamatan yang paling berkembang di kota Ambon. Hampir semua fasilitas kota berada di wilayah ini.
3. Kecamatan Leitimur Selatan : kecamatan Leitimur Selatan terbagi atas 8 kelurahan dan desa
4. Kecamatan Teluk Baguala : kecamatan Teluk Banguala terbagi atas 8 kelurahan dan desa, Passo adalah kawasan utama kedua di wilayah kota Ambon. Ibukota dari kecamatan Teluk Banguala. Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.
5. Kecamatan Teluk Ambon : kecamatan Teluk Ambon terbagi atas 7 kelurahan dan desa

Kota ini tergolong sebagai salah satu kota utama dan kota besar diregion pembangunan Indonesia Timur dilihat dari aspek perkembangan dan pertumbuhan ekonomi. Ambon, sempat diguncang kerusuhan sosial bermotifkan SARA antara tahun 1996-2002. Namun, sekarang Ambon Manise sudah berbenah diri menjadi kota yang lebih maju dan dilirik sebagai kota internasional di Indonesia Timur.

Dilihat dari aspek demografis dan etnisitas, kota Ambon ini merupakan potret kota yang plural. Dimana dikota ini berdiam etnis-etnis Alifuru (asli Maluku), Jawa, Bali, Buton, Bugis, Makassar, Papua, Melayu, Minahasa, Minang, Flobamora (suku Flores, Sumba, Alor dan Timor) dan orang-orang keturunan asing (komunitas peranakan Tionghoa, komunitas Arab-Ambon, komunitas Spanyol-Ambon, komunitas Portugis-Ambon dan komunitas Belanda-Ambon). Saat ini, kota Ambon terbagi atas 5 kecamatan yaitu Nusaniwe, Sirimau, Teluk Ambon, Teluk Banguala dan Leitimur Selatan, yang terbagi lagi atas 50 keluarahan-desa.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...