Enarotali - Kabupaten Paniai - Papua

Pengumuman CPNS Enarotali - Kabupaten Paniai - PapuaKabupaten Paniai adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Letaknya berada di pedalaman pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Paniai pada zaman Belanda disebut Wisselmeren, sesuai dengan nama tiga danau yang terletak sekitar pusat kota Enarotali.

Danau ini ditemukan oleh seorang pilot berkebangsaan Belanda, Frits Julius Wissel pada tahun 1938 (danau dalam bahasa Belanda disebut meer sedangkan dalam bentuk jamak disebut meeren). Karena Frits Wissel yang menemukan danau-danau tersebut maka kemudian dikenal dengan nama Wisselmeren. Sejak saat itu masyarakat Paniai mulai berinteraksi dengan dunia luar.

1. Kecamatan Aradide
2. Kecamatan Bibida
3. Kecamatan Bogobaida
4. Kecamatan Dumadama
5. Kecamatan Ekadide
6. Kecamatan Kebo
7. Kecamatan Paniai Barat
8. Kecamatan Paniai Timur
9. Kecamatan Siriwo
10. Kecamatan Yatamo

Pemekaran - Dengan disahkannya UU RI Nomor 55 Tahun 2008, maka sebagian distrik di kabupaten ini menjadi wilayah Kabupaten Deiyai, yaitu: Bowobado, Kapiraya, Tigi, Tigi Barat, Tigi Timur. Dan dengan disahkannya UU RI Nomor 54 Tahun 2008, maka sebagian distrik di kabupaten ini menjadi wilayah Kabupaten Intan Jaya, yaitu: Agisiga, Biandoga, Hitadipa, Homeyo, Sugapa, Wandai.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...