Kabupaten Sinjai - Sulawesi Selatan

Pengumuman CPNS Kabupaten Sinjai - Sulawesi SelatanKabupaten Sinjai adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Sinjai. Kota Sinjai berjarak sekitar ±220 km dari Kota Makassar. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 819,96 km2 dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 228.879 jiwa.

Sinjai Bersatu adalah motto Kabupaten Sinjai. Motto ini memiliki makna yang dalam dan merupakan harapan, tekad serta keinginan masyarakat Sinjai. Motto ini juga menggambarkan keinginan masyarakat Sinjai untuk membangun dan mempertahankan kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta sebagai sumber inspirasi dan motivasi dalam pembangunan daerah pada berbagai aspeknya. Sinjai Bersatu juga merupakan dua kata yang dirangkai dari kata Sinjai yang menunjukkan bumi dan masyarakat Sinjai, sedangkan BERSATU selain makna dan harapan menunjukkan keinginan untuk membangun dan mempertahankan kebersamaan, persatuan kesatuan, juga memiliki makna khusus dalam bentuk huruf yang merangkainya kata BERSATU yaitu : Bersih, Elok, Rapi, Sehat, Aman, Tekun, Unggul

Secara administratif, Kabupaten Sinjai mencakup 9 (sembilan) kecamatan, 13 kelurahan dan 67 desa, yaitu:

Kecamatan Sinjai Utara, 6 kelurahan
Kecamatan Sinjai Timur, 1 kelurahan dan 12 desa
Kecamatan Sinjai Tengah , 1 kelurahan dan 10 desa
Kecamatan Sinjai Barat, 2 kelurahan dan 7 desa
Kecamatan Sinjai Selatan, 1 kelurahan dan 10 desa
Kecamatan Sinjai Borong, 1 kelurahan dan 7 desa
Kecamatan Bulupoddo, 7 desa
Kecamatan Tellu Limpoe, 1 kelurahan dan 10 desa
Kecamatan Pulau Sembilan, 4 desa yang merupakan wilayah kepulauan

Sinjai secara geografis terdiri atas dataran rendah di kecamatan Sinjai Utara, Tellu Limpoe dan Sinjai Timur. Selanjutnya daerah dataran tinggi dimulai dari Sinjai Barat, Sinjai Tengah, Sinjai Selatan dan Sinjai Borong. Sedangkan kecamatan terunik adalah kecamatan Pulau Sembilan berupa hamparan 9 pulau yang berderet sampai mendekati Pulau Buton.

Kabupaten Sinjai terletak di bagian pantai timur Provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 223 km dari kota Makassar. Posisi wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Bone (bagian Utara), Teluk. Bone (bagian Timur), Kabupaten Bulukumba (di bagian Selatan) dan Kabupaten Gowa (di bagian Barat). Luas wilayahnya berdasarkan data yang ada sekitar 819,96 km2 (81.996 ha).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...