Kabupaten Majalengka - Jawa Barat

Pengumuman CPNS Kabupaten Majalengka - Jawa BaratKabupaten Majalengka, adalah sebuah kabupaten di Tatar Pasundan Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Ibukotanya adalah Majalengka. Secara geografis Kabupaten Majalengka terletak di bagian timur Propinsi Jawa Barat. Kabupaten Majalengka terletak pada titik koordinat yaitu Sebelah Barat 108° 03' - 108° 19 Bujur Timur, Sebelah Timur 108° 12' - 108° 25 Bujur Timur, Sebelah Utara 6° 36' - 5°58 Lintang Selatan dan Sebelah Selatan 6° 43' - 7°44.

Bagian Utara wilayah kabupaten ini merupakan dataran rendah, sementara wilayah tengah berbukit-bukit dan wilayah selatan merupakan wilayah pegunungan dengan puncaknya Gunung Ceremai yang berbatasan dengan Kabupaten Kuningan serta Gunung Cakrabuana yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Sumedang. Secara administratif berbatasan dengan:

Sebelah Utara : Kabupaten Indramayu.
Sebelah Selatan : Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis.
Sebaleh Barat : Kabupaten Sumedang.
Sebelah Timur : Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan.

Pembagian Administrasi. - Kabupaten Majalengka terdiri dari 26 Kecamatan, yang terbagi atas 330 Desa dan 13 Kelurahan. Pusat pemerintahan Kabupaten berada di Kecamatan Majalengka. Berikut adalah kecamatan-kecamatan dalam wilayah Kabupaten Majalengka:

Kecamatan Argapura
Kecamatan Banjaran
Kecamatan Bantarujeg
Kecamatan Cigasong
Kecamatan Cikijing
Kecamatan Cingambul
Kecamatan Dawuan
Kecamatan Jatitujuh
Kecamatan Jatiwangi
Kecamatan Kadipaten.
Kecamatan Kasokandel
Kecamatan Kertajati
Kecamatan Lemahsugih
Kecamatan Leuwimunding
Kecamatan Ligung
Kecamatan Maja
Kecamatan Majalengka
Kecamatan Malausma
Kecamatan Palasah
Kecamatan Panyingkiran
Kecamatan Rajagaluh
Kecamatan Sindang
Kecamatan Sindangwangi
Kecamatan Sukahaji
Kecamatan Sumberjaya
Kecamatan Talaga

Jumlah Penduduk Kabupaten Majalengka Berdasarkan BPS Kabupaten Majalengka Tahun 2013 adalah 1.180.774 Jiwa terdiri dari 590.038 jiwa penduduk laki-laki dan 590.736 jiwa penduduk perempuan. Rata-rata kepadatan penduduk Kabupaten Majalengka pada tahun 2013 adalah 981 jiwa/km². Kepadatan tertinggi berada di Kecamatan Jatiwangi dengan kepadatan 2.087 jiwa/km².
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...