Kabupaten Karanganyar - Jawa Tengah

Pengumuman CPNS Kabupaten Karanganyar - Jawa TengahKabupaten Karanganyar adalah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat administrasi berlokasi di Karanganyar Kota, sekitar 14 km sebelah timur Kota Surakarta. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sragen di utara, Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Wonogiri di selatan, serta Kabupaten Boyolali, Kota Surakarta, dan Kabupaten Sukoharjo di barat. Kabupaten Karanganyar memiliki sebuah kecamatan enklave yang terletak di antara Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta yaitu Kecamatan Colomadu.

Kabupaten Karanganyar terdiri atas 17 kecamatan (lihat kotak di bawah artikel ini), yang dibagi lagi atas sejumlah desa dan kelurahan. Pusat pemerintahan berada di Kecamatan Karanganyar. Kecamatan yang ada di Kabupaten Karanganyar :

Kecamatan Colomadu
Kecamatan Jaten
Kecamatan Karanganyar
Kecamatan Gondangrejo
Kecamatan Kebakramat
Kecamatan Kerjo
Kecamatan Mojogedang
Kecamatan Karangpandan
Kecamatan Jenawi
Kecamatan Tawangmangu
Kecamatan Jatiyoso
Kecamatan Jatipuro
Kecamatan Jumantono
Kecamatan Jumapolo
Kecamatan Ngargoyoso
Kecamatan Tasikmadu
Kecamatan Matesih

ama Karanganyar berasal dari pedukuhan yang berada di desa ini. Nama ini diberikan oleh Raden Mas Said (Mangkunagara I), karena di tempat inilah, ia menemukan kemantapan akan perjanjian baru (bahasa Jawa: anyar) untuk menjadi penguasa setelah memakan wahyu keraton dalam wujud burung derkuku.

Bagian barat Kabupaten Karanganyar merupakan dataran rendah, yakni lembah Bengawan Solo yang mengalir menuju ke utara. Bagian timur berupa pegunungan, yakni bagian sistem dari Gunung Lawu. Sebagian besar daerah pegunungan ini masih tertutup hutan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...